Achmad Ariansyah UMSIDA


Saya Achmad Ariansyah (Ari) mahasiswa Informatika dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Saya akan membagikan info seputar materi pemrograman seputar c++

POKOK BAHASAN 1 | MATERI INPUT/OUTPUT DATA

  1. Include
Adalah salah satu pengarah preprocessor directive yang tersedia pada C++. Preprocessor selalu dijalankan terlebih dahulu pada saat proses komilasi terjadi. Bntuk umumnya :
# include <nama_file>
Tidak diakhiri dengan tanda semicolon karena bentuk tersebut bukanlah suatu bentuk pernyataan, tetapi merupakan preprocessor directive. Baris tersebut menginstruksikan kepada compiler yang menyisipkan file lain dalam hal ini file yang berakhiran .h (file.header) yaitu file yang berisi sebagai deklarasi contohnya:
# include <iostream.h> : diperlukan pada program yang melibatkan objek cout
# include <conio.h> : diperlukan bila melibatkan clrscr(), yaitu perintah untuk membersihkan layar.
# include <iomanip.h> : diperlukan bila melibatkan setw() yang bermanfaat untuk mengatur lebar dari suatu tampilan data.
  • Fungsi main ()
Fungsi ini menjadi awal dan akhir eksekusi program C++. Main adalah nama judul fungsi. Melihat bentuk seperti itu dapat kita ambil kesimpulan bahwa batang tubuh program utama berada didalam fungsi main(). Berarti dalam setiap pembuatan program utama kita menuliskan program utama kita didalam sebuah fungsi main().
  • Komentar
Komentar tidak pernah decompile oleh compiler. Dalam C++ terdapat 2 jenis komentar, yaitu ;
Jenis 1 : /* Komentar anda diletakkan di dalam ini Bisa mengapit lebih dari satu baris */
Jenis 2 : // Komentar anda diletakkan disini (hanya bisa perbaris)
  • Tanda Semicolon
Tanda semicolon “ ; ” digunakan untuk mengakhiri sebuah pernyataan. Setiap pernyataan harus diakhiri dengan sebuah tanda semicolon.
  • Mengenal cout (dibaca : C out)
Pernyataan cout merupakan sebuah objek di dalam C++, yang digunakan untuk mengarahkan data ke dalam standar output (cetak pada layar)
Contoh :
Tanda “ << ” merupakan sebuah operator yang disebut operator “penyisipan/peletakan”

POKOK BAHASAN 2 | STRUKTUR PEMROGRAMAN PENCABANGAN

1. Percabangan if
Percabangan if merupakan percabangan yang hanya memiliki satu blok pilihan saat kondisi bernilai benar.
2. Percabangan if/else
Percabangan if/else merupakan percabangan yang memiliki dua blok pilihan.
Blok pilihan pertama untuk kondisi benar, dan pilihan kedua untuk kondisi salah (else).
3. Percabangan if/else/if
Percabangan if/else/if merupakan percabangan yang memiliki lebih dari dua blok pilihan.
4. Percabangan Switch/Case
Percabangan switch/case adalah bentuk lain dari percabangan if/else/if.
Kita dapat mermbuat blok kode (case) sebanyak yang diinginkan di dalam blok switch.
Pada <value>, kita bisa isi dengan nilai yang nanti akan dibandingkan dengan varabel.
Setiap case harus diakhiri dengan break. Khusus untuk default, tidak perlu diakhiri dengan break karena dia terletak di bagian akhir.
Pemberian break bertujuan agar program berhenti mengecek case berikutnya saat sebuah case terpenuhi.

POKOK BAHASAN 3 | STRUKTUR PEMROGRAMAN: LOMPATAN & KALANG

  1. Pernyataan while
  2. Pernyataan do… while
  3. Pernyataan for
  4. Pernyataan continue dan break
  5. Pernyataan goto
  1. PERNYATAAN  while
Pernyataan while merupakan salah satu pernyataan yang berguna untuk memproses suatu pernyataan atau beberapa pernyataan beberapa kali. Pernyataan while memungkinkan statemen-statemen yang ada didalamnya tidak diakukan sama sekali.
Bentuk Umumnya :
While(kondisi)
While(kondisi)
{
Pernyataan ;
}
  • PERNYATAAN do…while
Pernyataan do…while mirip seperti pernyataan while, hnya saja pada do… while prnyataan yang terdapat didalamnya minimal akan sekali dieksekusi.
Bentuk umumnya :
do
{
Pernyataan
} while(kondisi);
  • PERNYATAAN for
Pernyataan for digunakan untuk menghasilkan pengulangan (looping) beberapa kali tanpa penggunaan kondisi apapun. Pada umumnya looping yag dilakukan oleh for telah diketahui batas awal, syarat looping dan perubahannya.
Pernyataan for digunakan untuk melakukan looping. Pada umumnya looping yang dilakukan oleh for telah diketahui batas awal, syarat looping dan perubahannya. Selama kondisi terpenuhi, maka pernyataan akan terus dieksekusi.
Bentuk Umumnya :
for(inisialisasi ; kondisi ; perubahan)
{
Statement;
}
  • PERNYATAAN continue dan break
Pernyataan break akan selalu terlihat digunakan bla menggunakan pernyataan switch. Pernyataan ini juga digunkan dalam loop. Bila pernyataan ini dieksekusi, maka akan mengakhiri loop dan akan menghentikan itrasi pada saat tersebut.
  • PERNYATAAN goto
Pernyataan goto, diperlukan untuk melakukan suatu lompatan ke suatu pernyataan berlabel yang ditandai dengan tanda” : “.
Bentuk umumnya:
Go to bawah;
Pernyataan1;
Pernyataan2;
bawah : pernyataan3;

POKOK BAHASAN 4 | STRUKTUR PEMROGRAMAN : KALANG

  • Kalang FOR bertingkat : Tabel Perkalian
#include <iostream>
#include <iomanip>
using namespace std;
int main(){
for (int i=1; i<=10; i++){
for (int j=1; j<=i; j++){
cout<<setw(5)<<i*j;
}
cout<<endl;
}
}

POKOK BAHASAN 5 | VARIABEL LARIK : MATRIKS & STRINGS

  1. Sekup variabel dalam kalang FOR
#include <iostream>
using namespace std;
int main(){
int i=5;
cout<<” Di Luar Kalang i = “<<i<<endl;
for(i=1; i<=10; i++){
cout<<” Di Dalam Kalang i= “<<i<<endl;
}
cout<<” Di Luar Kalang i= “<<i<<endl;
}




POKOK BAHASAN 6 | SORTING (PENGURUTAN)

  1. Membaca dari file teks
#include <iostream>
#include <string>
#include <stdio.h>
using namespace std;
int main(){
char namafileinput[]=”filesaya.txt”;
char teks[80];
FILE *fin;
fin = fopen(namafileinput, “rt”);
cout<<“Isi file “<<namafileinput<<endl;
while (1){
if (fgets(teks, 80, fin)==NULL){
break;
}
cout<<teks;
}
fclose(fin);
cout<<“Selesai”<<endl;
}


Apabila ada program atau source yang salah silahkan komen dibawah

Komentar